25+ Model Baju Batik Kantor Wanita (Modern, Casual & Elegan)

Dengan banyaknya model baju batik kantor, pilihan busana formal untuk bekerja pun semakin beragam.

Tak jarang, hari berbusana batik digunakan sebagai ajang untuk memamerkan model baju batik terbaru yang sedang tren.

Terlebih bagi kantor yang tidak memiliki seragam batik khusus, maka dapat dipastikan akan ada orang yang rajin berganti model baju batik.

Model baju batik kantor untuk wanita menjadi yang salah satu pakaian batik yang paling banyak dicari.

Bagaimana tidak? Sekarang hampir disetiap perusahaan perkantoran dan juga instansi pemerintah mewajibkan pekerjanya mengenakan batik pada hari tertentu.

Walaupun memang tidak semuanya yang mengharuskan, terkadang inisiatif para karyawannya yang justru menginginkan mengenakan batik. Memang kalo dari sudut pandang baik wanita dan pria masa kini ini ingin tampil maksimal pada setiap kesempatan. Khususnya, wanita.

Batik sendiri mungkin bagi sebagian orang memiliki klasifikasi yang khusus seperti batik untuk acara kondangan dan juga batik untuk harian.

Mungkin anggapan ini juga benar adanya. Perbedaan yang mencolok dapat dilihat dari tingkat modelnya yang terlihat begitu ‘wah’ jika untuk acara kondangan atau acara formal lainnya.

Kalau untuk harian seperti untuk bekerja, mungkin berbeda lagi ya. Meski memang harus menawan pada setiap kesempatan, tapi lain halnya jika anda mengenakan batik yang terlalu ‘wah’ dikenakan.

Dengan adanya perbedaan anggapan batik soal kecocokan berdasarkan acara inilah yang memunculkan ide bahwa batik untuk kantor ini berbeda lagi lho.

Terkadang untuk beberapa instansi atau perusahaan mengenakan batik secara kompak atau seragam.

Untuk itu, pada artikel ini anda akan menemukan inspirasi-inspirasi model baju batik kantoran atau untuk kerja wanita baik untuk lengan panjang, pendek dan lain sebagainya yang dapat anda jadikan referensi berbusana batik cantik pada tempat kerja anda.

Beragam Pilihan Model Baju Batik Kantor

Sejak diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia, batik menjadi kian populer, termasuk sebagai busana kerja. Setidaknya ada satu hari dalam sepekan di mana kantor pemerintah dan swasta mewajibkan berbusana batik. Oleh karenanya, dibutuhkan beragam model baju batik kantor sebagai pilihan untuk digunakan bekerja.

Model Baju Batik Kerja Modern

Baju Blus Kerja Atasan Wanita Warna Putih Kombinasi Batik

Model baju batik kerja tak berhenti pada model-model lawas yang sering digunakan masyarakat Indonesia pada zaman dulu. Seperti misalnya kemeja batik untuk pria dan bawahan batik untuk wanita.

Seiring dengan perkembangan dunia fesyen, model baju batik pun turut berkembang. Termasuk model yang cocok untuk dipakai bekerja dengan pilihan desain yang lebih kekinian dan modern.

Tidak ada patokan pasti dalam model baju batik kerja modern yang sekarang ini sedang tren di pasaran. Terlebih bagi wanita yang modelnya dapat berubah hanya dalam hitungan bulan. Model yang banyak ditemukan yaitu model baju atasan bergaya blus.

Sementara untuk bawahannya, ada yang menggunakan rok berbahan batik dan ada pula yang menggunakan bawahan kain berwarna polos.

Jika dibandingkan dengan busana kerja wanita, maka busana kerja pria akan terkesan itu-itu saja.

Hal ini dikarenakan, model baju batik untuk bekerja yang digunakan oleh pria adalah kemeja.

Hanya saja, diberikan detail yang berbeda, misalnya dengan menambahkan kombinasi dengan kain polos atau dengan motif batik lainnya. Kemeja batik kombinasi banyak digemari karena terkesan lebih segar dan modern. Ada juga beberapa Model Baju Batik Kombinasi yang elegan dan simple sehingga sangat cocok untuk dicoba.

Baju Pakaian Wanita Formal Casual Blouse

Blus Kerja Wanita Batik

Model Baju Batik Kantor Atasan Terbaru

Model Baju Batik Atasan untuk ke kantor terbaru bagi wanita adalah model blus semi blazer.

Artinya yaitu baju atasan yang dikenakan hanya satu potong, namun terkesan mengenakan dua potong pakaian/baju bagian dalam dan blazer bagian luar.

Dengan mengesankan pemakaian blazer memberikan kesan profesional layaknya kesan yang diperoleh ketika seseorang mengenakan blazer.

Disamping itu, penggunaan atasan panjang semi dress pun makin populer di kalangan para wanita kantor. Jenis atasan seperti ini terlihat seperti dress karena panjangnya yang sampai ke lutut, namun digunakan dengan memakai bawahan (biasanya) celana.

Pemakaian model baju atasan panjang seperti ini memberikan kesan eksekutif, dengan tetap menunjukkan sisi anggun dan feminin.

Sementara itu, kemeja yang merupakan model baju batik kerja andalan untuk pria terbaru lebih menonjolkan pada detail desainnya.

Tak hanya desain motif kain batik yang digunakan untuk dijadikan kemeja, melainkan juga pada detail model kemejanya itu sendiri.

Misalnya saja, model kerah yang digunakan tak selalu pada model kerah klasik, melainkan juga mengikuti tren yang sedang berkembang.

Model Baju Batik Kantor Atasan

Model Baju Batik Kantor Atasan

Baju Batik Kantor Atasan Terbaru

Model Baju Batik Kantor Wanita Berjilbab

Bagi wanita yang mengenakan jilbab, yang terpenting model baju batik kantor dapat menutupi aurat. Dengan demikian, baju batik yang digunakan untuk bekerja harus berlengan panjang, baik dipakai sendiri atau dikombinasikan dengan pakaian lain.

Selama sudah menutupi bagian-bagian tubuh yang menjadi aurat wanita, maka baju batik model apa pun dapat dipakai oleh wanita berjilbab untuk pergi ke kantor.

Variasi model baju batik kerja bagi wanita berjilbab bermacam-macam, mulai dari atasan, long dress, maupun blazer berlengan panjang. Untuk model baju atasan dan blazer, berarti memerlukan pakaian lain untuk digunakan bersama dengan baju batik.

Sementara untuk model long dress biasanya dipakai sendiri tanpa tambahan busana lainnya.

Jika baju atasan hanya memerlukan bawahan, maka berbeda dengan saat memakai blazer. Apabila memakai blazer, maka wanita berjilbab perlu juga mengenakan pakaian lain sebagai dalaman. Pilihan lain yang dapat digunakan adalah dengan penggunaan long dress tanpa lengan.

Dengan begitu cukup mengenakan blazer langsung tanpa memerlukan bawahan lagi.

Model Baju Batik Kantor Untuk Orang Gemuk

Model Baju Batik Kantor Untuk Orang Gemuk

Orang dengan postur tubuh gemuk memang sering merasa kesulitan untuk memilih model baju batik kantor. Hal ini disebabkan kebanyakan baju batik yang tersedia di pasaran dibuat berdasarkan standar ukuran normal, khususnya bagi wanita.

Oleh karenanya, perlu memilih motif batik serta model baju yang tidak semakin menonjolkan ukuran tubuh yang besar.

Jenis model yang cocok adalah pakaian yang longgar dan tidak mepet dengan bentuk badan. Model maxi dress sepanjang paha atau lutut dan dipadukan dengan bawahan celana cocok untuk digunakan.

Selain itu, hindari pakaian yang memiliki aksesoris seperti tali pita di area perut. Selain itu, pilih motif-motif sulur dengan warna-warna yang gelap untuk memberikan kesan langsing.

Sementara itu model baju batik kerja bagi pria yang gemuk tak begitu banyak perubahan, sebab model pakaiannya tetaplah kemeja. Hanya saja, perlu diperhatikan saat memilih motif dan warna kemeja yang akan dipakai.

Sebaiknya menghindari pemilihan motif-motif besar yang memenuhi satu sisi tubuh. Untuk lengan panjang atau pendek, maka cukup sesuaikan saja dengan situasi dan kondisi di kantor.

Baju Batik Kantor Untuk Orang Gemuk

Model Baju Batik Kantor Lengan Panjang

Model Baju Batik Kantor Lengan Panjang

Kebanyakan model baju batik kantor wanita memiliki lengan yang panjang. Hal ini dikarenakan sebagian besar wanita kantoran yang muslim sekarang ini lebih banyak yang berjilbab dibanding yang tidak. Melihat kondisi tersebut, para produsen pakaian batik pun memberikan beragam pilihan.

Mulai dari kemeja, blus, blazer, bahkan hingga dress berlengan panjang.

Sementara untuk model baju batik kerja pria berlengan panjang biasanya menggunakan ujung lengan bermanset atau lengan berkancing. Ini dikarenakan baju batik untuk pria berlengan panjang selalu mengikuti model kemeja dan kemeja lengan panjang selalu memiliki kancing.

Jika ada tambahan atau penekanan detail yang berbeda, maka akan diletakkan pada bagian deret kancing, ujung lengan, kerah, serta saku.

Batik Kantor Lengan Panjang

Baju Batik Kantor Lengan Panjang

Model Baju Batik Kantor Wanita Kombinasi

Batik Kantor Wanita Kombinasi

Bagi wanita, model baju batik kantor ada pula yang memiliki model kombinasi. Tak hanya dikombinasikan dengan kain polos, namun ada pula yang dikombinasikan dengan kain batik dengan motif lain.

Contohnya saja model blus semi blazer yang telah disebutkan sebelumnya. Bagian ‘dalam’ blus biasanya memiliki motif lain yang berbeda dengan motif yang digunakan untuk bagian blazer.

Pada model baju batik kerja untuk pria, kombinasi juga bisa dilakukan baik dengan kain polos maupun batik bermotif lain. Hanya saja, model-model terbaru biasanya lebih memilih untuk menggunakan kain polos.

Pengkombinasian dapat dilakukan secara terang-terangan pada bagian badan maupun hanya sebagian kecil pada bagian kerah, ujung lengan, dan saku.

Model Baju Batik Kantor Wanita Kombinasi

Model Baju Batik Kantor Lengan ¾

Model Baju Batik Kantor Lengan ¾ Wanita Terbaru

Pada model baju batik kerja berlengan ¾ kebanyakan diperuntukkan bagi wanita.

Model baju batik kantor dengan lengan ¾ utamanya didominasi oleh blus.

Biasanya pada bagian ujung lengan akan diberi hiasan berupa tali sebagai aksesoris pemanis tampilan. Model baju batik berlengan ¾ tidak direkomendasikan bagi pria.

Model Baju Batik Kantor Lengan ¾

Model Baju Batik Kantor Pegawai Bank Terbaru

Model Batik Kerja Pegawai Bank Pasangan Rok Pendek

Bagi sista yang statusnya sebagai seorang Pegawai Bank tentunya baju batik merupakan fashion yang harus di perhatikan.

Pada umumnya bank mewajibkan kepada para karyawannya untuk menggunakan baju batik kantor di hari Jumat. Sista bisa ikuti referensi yang akan kita bagikan berikut ini.

Batik Kerja Pegawai Bank

Model Baju Batik Kerja Modern

Ingin terlihat stylist dengan menggunakan baju batik kerja modern tentunya bisa banget. Untuk sista yang emang suka banget gaya casual dalam mengenakan baju batik tentunya sangat dianjurkan untuk menggunakan referensi baju batik kerja kita berikut ini.

Model Baju Batik Kerja Modern

Model Baju Batik Kantor

Mengenakan batik kombinasi untuk kerja juga bisa lhoo.. baik itu kombinasi dengan kain polos, atau bahan lainnya. Untuk inspirasi model batik lainnya, anda bisa lihat pada artikel model baju batik ini ya.

Model Baju Batik Kantor Atasan

Bagi sista yang ingin pakaian bagian atas bisa menggunakan baju batik untuk pakaian kantor ini.

Untuk bagian bawah bisa menggunakan rok atau celana panjang. Silahkan di pilih sesuai dengan selera dan nyamannya masing-masing.

Model Baju Batik Kantor

Model Baju Batik Kantor

Model Baju Batik Kantor

Model Baju Batik Kantor

Model Baju Batik Kantor

Model Baju Batik Kantor

Tidak hanya baju batik untuk pergi ke kantor saja yang dijual oleh toko pakaian/butik dan toko khusus pakaian batik, busana kerja batik juga banyak dijadikan seragam. Oleh karenanya, model pakaiannya pun mengikuti kebijakan instansi dan lembaga yang bersangkutan.

Model Baju Batik Kantor untuk Wanita Terbaru dan Modern

Model baju batik kantor makin hari makin beragam. Kalau dulu model dan motifnya nggak banyak pilihan.

Jadi sebentar aja di toko udah bisa bawa pulang baju yang diinginkan. Sekarang sih beda, rasanya udah setengah jam masih bingung antara model yang ini atau itu.

Walaupun baju terkesan formal, dari segi desain terus update, khususnya untuk para wanita. Penikmat pakaian batik kantor bukan hanya dari kalangan pemerintahan saja.

Pegawai BUMN, bank, hingga beberapa perusahaan swasta kini menerapkan batik sebagai busana kerjanya. Jadi nggak heran kalau sekarang model baju batik kantor semakin banyak karena menyesuaikan suasana kerja.

Bahkan tren yang mulai banyak diikuti adalah membuat seragam secara kompak. Ini lah yang membuat model baju ini terus dikembangkan oleh para perancang busana.

Model Pilihan Baju Batik Kantor Terkini

Berbagai Pilihan Baju Batik Kantor Terkini

Untuk mendapatkan kesan berbeda, ada beberapa sentuhan yang kini diaplikasikan ke baju batik. Bagi desainer yang berani bereksplorasi, mampu menyulap model baju batik ini tampak mengagumkan.

Belum lagi kalau si pemakainya percaya diri, lengkap sudah baju batik tersebut tampak indah dipandang mata.

Lewat artikel ini, yuk intip beberapa model baju batik kantor ter-hits yang bisa dipakai di berbagai kondisi. Yakin deh nggak bakalan nyesel bacanya sampai habis.

Baju Batik Kantor

Baju Batik Kantor Pria dan Wanita Terbaru

Sebelum bahas lebih lanjut tentang variasi baju batik, ada baiknya tau dulu nih bentuk badan kita supaya lebih sesuai.

Kalau bagian atas tubuh (bahu dan dada) sama lebar dengan pinggang, artinya tubuh tersebut bentuknya persegi.

Ini cocoknya pakai batik dengan model dress. Tapi jangan lupa tambahkan ikat pinggang untuk membentuk lekukan tubuh.

Tubuh dengan bentuk segitiga terbalik (rectangle shape) memiliki dada yang bidang dan lebar tapi bagian pinggangnya kecil.

Bagus kalau pakai baju dengan model setelan, apalagi dilengkapi dengan celana panjang dan sepatu boots.

Pasti akan terlihat lebih stunning. Ada juga yang punya tubuh seperti buah pir, yaitu bagian pinggul dan paha besar tapi dadanya cenderung kecil.

Jangan khawatir, sekarang ada banyak modelnya yang memiliki cutting lebar di bagian bawah.

Terakhir, bentuk tubuh seperti jam pasir. Ini lah bentuk tubuh idaman setiap wanita. Antara bagian atas dan bawah diseimbangkan dengan lekuk tubuh.

Sehingga tubuh tampak proporsional, mirip seperti bentuk jam pasir. Tubuh seperti ini cocok menggunakan pakaian batik model dan jenis apa saja.

Tapi bisa terlihat lebih seksi kalau pakai kerah V-neck dan bawahan berbentuk pensil (mengerucut kecil ke bawah).

Baju Batik Kantor Wanita Terbaru

Baju Batik Kantor Wanita Terbaru

Modelnya terus berkembang dan tak jarang malah terkesan aneh. Tapi jangan khawatir, semua model terbaru disesuaikan dengan selera pasar.

Makannya setiap model baru yang keluar pasti habis dalam waktu sekejap. Setiap model memiliki penggemarnya masing-masing.

Dibandingkan dengan model lama kesannya lebih konvensional. Kini model baju batik kantor hadir lebih modern dan trendi. Kombinasi motif tradisional dan modern menambah ragam model baju batik.

Belum lagi kalau dipadu padankan antara atasan, bawahan, serta aksesoris. Ini lah yang membedakan model-model baju batik wanita terbaru dengan yang lalu.

Ada berbagai macam pilihan, yaitu untuk wanita berjilbab, model kombinasi, dan lengan panjang. Belum lagi model-model atasan yang bukan hanya berbentuk kemeja saja. Ada model tunik, kerah V-Neck, kerah sabrina, atasan asimetris, dan plum.

Itu semua hanya sebagian yang kini dijual di pasaran. Baju Batik Kantor Wanita ini sangat sesuai dengan bentuk tubuh para sista yang tidak ingin terlihat gemukan. Anda juga bisa cek Model Baju Batik Terlaris sepanjang tahun ini ya.

Model Baju Batik Kantor Wanita Berjilbab

Model Baju Batik Kantor Wanita Berjilbab

Makin banyak hijabers, makin banyak juga model baju yang berkembang. Berkerudung nggak lagi terkesan kuno, malah sekarang banyak artis-artis yang mulai hijrah. Mereka merepresentasikan pakaian berjilbab yang modis.

Baju batik kantor untuk wanita berjilbab saat ini bukan hanya model gamis. Ada tunik, long dress, vest, dan sebagainya. Itu baru model bagian atas, untuk bagian bawah baju bisa dipilih cutting A-Line, potongan pinguin, rampel, dan masih banyak lagi.

Model Baju Batik Atasan Wanita Kantor

Model Baju Batik Atasan Wanita Kantor

Model baju batik atasan wanita yang bertransformasi bukan hanya untuk wanita berjilbab saja. Malah buat yang tidak menggunakan jilbab lebih banyak modelnya.

Sebut saja model kemeja. Kemeja batik kantor sekarang bukan seperti dulu. Kadang dikombinasikan dengan model-model kerah dan didesain bawahan A-Line.

Begitu pun dengan potongan lengannya. Ada lengan ¾, balloon, dan sebagainya. Kalau yang sedang hits sekarang itu namanya model kutu baru. Dulunya ini terkenal dipakai oleh wanita-wanita Jawa.

Tapi seiring dengan perkembangan fashion, para desainer menyulap kutu baru menjadi bentuk batik kantoran yang manis untuk dikenakan. Selengkapnya bisa cek Model Baju Batik Atasan

Model Baju Batik Kantor Wanita Kombinasi

Model Baju Batik Kantor Wanita Kombinasi

Pernah lihat baju batik dengan model kemeja tapi menyatu dengan vest? Itu lah contoh dari model kombinasi. Ada juga yang mengkombinasikan dari motifnya.

Misalnya polos digabungkan dengan corak batik, atau motif tenun yang digabungkan dengan bahan satin dan sebagainya.

Tak hanya dari model, orang yang kreatif bisa mengkombinasikan baju batik dengan item fashion lainnya. Dengan begitu, penampilan kamu dengan baju batik nggak formal banget.

Bahkan bisa terkesan santai tapi resmi. Jadi kalau pulang kantor mau nongkrong nggak perlu ganti baju.

Model Baju Batik Kantor Lengan Panjang

Model Baju Batik Kantor Lengan Panjang

Model Baju Batik Kantor Lengan Panjang

Baju lengan panjang bukan cuma untuk wanita berkerudung lho. Beberapa wanita sekarang justru lebih anggun kalau memakai lengan panjang.

Biasanya dikombinasikan dengan celana panjang atau memilih jenis dress selutut. Model baju batik seperti ini cocok dipakai kalau ada acara yang lebih resmi.

Untuk wanita yang jangkung alias tinggi semampai, akan lebih elegan memakai batik lengan panjang dengan kerah shanghai.

Model Baju Batik Kantor Pria Terbaru

Model Baju Batik Kantor Pria Terbaru

Buat yang pria nggak usah khawatir. Biar pun di atas lebih banyak membahas model batik kantoran untuk wanita, ada juga lho untuk pria.

Modelnya memang masih berbentuk kemeja, baik lengan panjang maupun lengan pendek. Tapi cek deh dari motif-motifnya.

Nggak kayak dulu, motif yang sekarang lebih modern dan cenderung simpel. Ini mengusung kesan elegan sehingga pakai batik nggak lagi terlihat tua atau sangat formal.

Saat ini ada juga model baju pria yang dinamai slimfit. Ini bikin tubuh pria terlihat lebih proporsional dan atletis.

Karena model baju batik yang slimfit memang pas di badan tanpa terkesan sesak. Pria yang memakai baju batik ini pastinya terlihat lebih rapi.

Pakaian batik kantor yang semakin beragam membuat orang yang memakainya pun bangga. Tak malu lagi karena kesannya semakin modern dan fashionable.

Beberapa model tertentu bisa saja cocok dipakai untuk ke acara kondangan. Selama bisa memadu padankan dengan aksesoris dan fashion item lainnya, penampilan dengan batik tak kalah luar biasanya dengan baju-baju branded.

Leave a Reply