Cara Menggunakan Hijab Syar’i

Cara Menggunakan Hijab Syar’i – Modis boleh saja tetapi harus ingat dengan aturan penggunaan hijab yang benar sesuai Syariah. Jangan khawatir sekarang bisa kok modis dan tetap syar’i karena banyak sekali jenis hijab syari yang bisa dipilih. Asalkan tahu cara mengenakannya, maka bisa mengenakan hijab sesuai Syariah yang sedang trend saat ini.

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan berbagai macam jenis dan model Hijab Syar’i yang baik dan cantik.

Cara Mengenakan Berbagai Jenis Hijab Syari

Tidak boleh sembarangan mengenakan jilbab apalagi jika ingin tetap sesuai Syariah agama. Hijab syar’i harus dikenakan dengan benar baru bisa memenuhi tuntutan agama dan dapat sekaligus mengikuti gaya berhijab saat ini. Berikut ini cara mengenakan hijab dalam berbagai jenis:

Hijab Syar’i Instan

Hijab Syari Instan
Hijab Syari Instan

Saat ini semua yang serba instan memang disukai termasuk hijab karena tidak membutuhkan waktu lama untuk menggunakannya. Menggunakan hijab instan yang sesuai dengan Syariah agama bisa menjadi pilihan saat ini karena memang banyak dijual di pasaran. Hijab instan menyajikan semakin banyak pilihan model termasuk yang syar’i menutup dada sesuai tuntunan agama.

Cara mengenakan hijab syar’i instan tentu saja sangat mudah, seperti hijab instan pada umumnya. Biasanya hijab instan sudah dibuat dengan bentuk akhir yang diinginkan sesuai model yang sudah di desain.

Hijaber hanya tinggal memilih model mana yang disukai dan dirasa paling sesuai dengan gayanya. Mengenakannya tinggal memasukkan kepala kepada lubang kepala yang terdapat pada hijab instan tersebut.

Setelah kepala dimasukkan tinggal mengatur hijab dan merapikannya supaya menutupi semua aurot termasuk dada. Sangat mudah mengenakan hijab instan ini dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengenakannya di kepala.

Hijab Syari Terbaru

Hijab Syari Terbaru
Hijab Syari Terbaru

Fashion hijab memang sedang berkembang sangat pesat dari hari ke hari bahkan mempengaruhi perkembangan fashion di seluruh dunia. Setiap hari selalu ada model syar’i  terbaru yang bisa digunakan oleh para hijabers. Tentu saja pemilihan hijab terbaru harus tetap mempertimbangkan berbagai hal seperti bahan, model dan motifnya.

Syar’i memang tidak selalu ketinggalan jaman, dengan memperhatikan bahan, model dan motifnya maka akan semakin modis dengan hijab Syariah. Hijabers tidak akan tampak ketinggalan jaman meskipun menggunakan penutup aurot yang syar’i jika menggunakan yang terbaru.

Cara mengenakannya tentu saja bergantung pada model yang dipilih, saat ini hijab terbaru hadir dengan berbagai model. Ada yang instan, semi-instan dan juga model segi empat serta pashmina yang harus dibentuk lebih dulu. Mengenakannya harus tetap sesuai Syariah agar tidak melanggar aturan agama yang berlaku bagi wanita.

Hijab Syari Modern

Hijab Syari Modern
Hijab Syari Modern

Ingin tampil syar’i dan modern? Bisa saja, tidak sulit kok dilakukan karena ada banyak pilihan untuk hal itu. Kenakan hijab dengan berbagai modifikasi dan model agar bisa tampil modern dan kekinian namun tetap sesuai Syariah agama. Mulai dengan memilih bentuk hijab yang akan dikenakan, jika ingin tampil modern biasanya bentuk segi empat yang jadi pilihan pertama.

Setelah memilih bentuk yang ingin dikenakan saatnya memilih motif dan warna hijab yang mau dikenakan. Pemilihan motif dan warna sangat tergantung dengan baju yang dikenakan dan acara yang akan dihadiri. Untuk tampil modern pemilihan motif polos dengan warna-warna pastel yang menawan.

Setelah memilih jenis dan motifnya saatnya untuk menentukan ingin mengenakan gaya syar’i yang bagai mana. Pada dasarnya hijab bisa disebut syar’i bila menutupi dada dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Jadi cara menggunakannya bisa dengan memilih model hijab yang menjuntai ke bawah hingga menutupi dada.

Bagi yang penasaran dan butuh inspirasi lebih banyak dengan hijab segi empat, bisa cek Tutorial Hijab Segi Empat.

Hijab Syar’i Segi Empat

Hijab Syari Segi Empat
Hijab Syari Segi Empat

Hijab segi empat adalah jenis kain hijab paling populer di kalangan hijabers masa kini. Pasalnya dengan menggunakan jenis hijab ini hijabers bisa melakukan modifikasi model dan gaya berhijab sesuka hati. Cara menggunakan hijab segi empat ini juga sangat mudah, tergantung model yang ingin dicontoh.

Kenakan kain hijab segi empat dan jangan lupa gunakan inner lebih dahulu untuk memastikan rambut tetap aman dan tidak terlihat. Setelah merapikan inner gunakan hijab yang sudah dipilih sesuai dengan model yang diinginkan. Jangan lupa tutup hingga di bawah dada agar bisa menutup aurot sepenuhnya.

Hijab Syari Cantik Feminin

Hijab Syari Cantik Feminin
Hijab Syari Cantik Feminin

Gaya busana setiap wanita tentu saja berbeda-beda bergantung pada kepribadian wanita itu sendiri. Salah satu kepribadian mayoritas wanita adalah feminin dan cantik dengan pemilihan model baju dan hijab yang “cewek banget”. Untuk wanita feminin yang ingin tampil cantik ada hijab cantik feminin sesuai Syariah yang bisa dikenakan.

Saat ingin menghadiri acara formal bisa menggunakan model hijab dan baju yang cantik dan feminin. Pilih warna hijab yang senada dengan warna baju akan menambah kecantikan hijabers sekalian. Kenakan hijab dengan sederhana dan menutup dada agar tetap sesuai Syariah, jika perlu percantik dengan ornamen atau bros.

Fashion Hijab Syar’i Sporty

Fashion Hijab Syari Sporty
Fashion Hijab Syari Sporty

Untuk tampil sporty akan lebih nyaman jika menggunakan hijab instan, karena lebih praktis. Wanita yang sporty akan memilih semua yang praktis karena aktivitasnya yang tinggi di luar ruangan. Hijab harus menyesuaikan dengan gamis sporty yang dikenakan untuk melengkapi fashion hijab sporty.

Jika perlu bisa menambahkan ornamen seperti bros dan jangan lupa untuk menggunakan dalaman jilbab untuk menjamin rambut tidak akan terlihat dari luar. Setalah itu hijab sudah selesai dikenakan tanpa menyita banyak waktu dan hijabers siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Hijab Syari Cadar

Hijab Syari Cadar
Hijab Syari Cadar

Hijab cadar saat ini juga sudah banyak dikenakan oleh wanita di Indonesia. Banyak jenis hijab cadar yang tersedia ada yang instan ada juga yang harus dikenakan sendiri atau masih dalam bentuk kain lebar. Cara mengenakan hijab bercadar tentu tergantung jenis mana yang akan dipilih.

Untuk hijab cadar instan caranya seperti hijab instan biasanya pada poin pertama, jadi sangat mudah dilakukan. Sedangkan model semi-instan bisa digunakan dengan cepat juga hanya saja perlu menambahkan ornamen agar aurot tertutup sempurna. Nah, untuk yang terakhir yaitu yang harus membentuknya sendiri dibutuhkan ketrampilan untuk mengenakannya.

Tutorial Hijab Pashmina Syari

Cara Menggunakan Hijab Syar'i
Cara Menggunakan Hijab Syar’i

Jangan salah, pashmina juga bisa dikenakan sesuai Syariah sehingga hijabers bisa tampil syar’i. Banyak tutorial mengenakan pashmina syari yang bisa ditiru agar cantik dan tetap syari mengenakan pashmina. Cara menggunakannya pertama-tama tentu jangan lupa menggunakan inner sebelum pashmina. Kemudian siapkan pashmina panjang untuk dikenakan agar bisa menutup dada.

Baca juga : Tutorial Hijab Wisuda dan Tutorial Hijab Simple

Pilih salah satu model yang diinginkan dan mulai tirukan step-by stepnya agar bisa menjadi hijab pashmina syari yang menuutp dada. Sebenarnya pashmina syar’i sangat bergantung pada ukuran lebar pashmina yang dipilih, semakin lebar maka akan semakin bisa dikenakan untuk menutup aurot secara menyeluruh. Pashmina juga bisa dikenakan untuk luaran hijab saja agar lebih cantik.

Itulah berbagai jenis hijab syar’i dan cara mengenakannya yang bisa dijadikan inspirasi berhijab saat ini. Ingin tampil modis dan menjalankan perintah agama sekaligus? Bisa banget tidak masalah lagi sekarang. Siapa pun bisa melakukannya karena banyak tutorial atau video tentang cara mengenakan hijab di luar sana.